Sambutan Bupati

Bupati Blora

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Seger waras, rahayu.

Sektor pendidikan menjadi salah satu prioritas pembangunan di Kabupaten Blora. Sesuai amanat Undang-Undang Dasar 1945 untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, maka dalam rangka membangun sumber daya manusia yang berkualitas, berdaya saing, dan berkarakter, Pemerintah Kabupaten Blora berkomitmen tinggi terhadap mutu dan akses penyelenggaraan pendidikan.

Sebagai upaya peningkatan akses layanan pendidikan, maka penyelenggaraan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ini mulai jenjang TK, SD hingga SMP dilaksanakan dalam jaringan (daring). PPDB daring ini merupakan wujud nyata Pemerintah Kabupaten Blora dalam memberikan pelayanan di bidang pendidikan yang mudah, cepat, efisien, transparan, terukur, dan akuntabel bagi masyarakat.

Pemerintah Kabupaten Blora menyadari bahwa membangun sektor pendidikan tidak dapat dilakukan sendiri-sendiri. Diperlukan keterlibatan dari seluruh pihak, mulai dari sekolah, orangtua/wali, peserta didik, dan masyarakat. Maka dari itu, kami mengajak kepada kita semua untuk sesarengan mbangun Blora.

Dengan PPDB daring ini, diharapkan tidak ada lagi anak usia sekolah yang tidak bersekolah atau tidak tertampung di sekolah negeri maupun swasta, di semua jenjang pendidikan.

Di masa pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) ini, Pemerintah Kabupaten Blora memberikan penghargaan kepada tenaga kesehatan sebagai garda terdepan dalam penanganan Covid-19 dalam bentuk kuota khusus bagi anak tenaga kesehatan.

Apresiasi dan ucapan terima kasih saya sampaikan kepada seluruh pihak yang telah membantu terlaksananya penyelenggaraan PPDB daring tahun ini. Semoga Allah SWT senantiasa meridhoi niat luhur kita untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas, berdaya saing, dan berkarakter di Kabupaten Blora.


Wallahul muwaffiq ila aqwamit-thariq,

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.


Bupati Blora

TTD

H. ARIEF ROHMAN, S.IP., M.Si

Prakata Kepala Dinas Pendidikan

kepala dinas pendidikan Kabupaten Blora

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena atas rahmat dan hidayah-Nya, Dinas Pendidikan Kabupaten Blora tahun pelajaran 2021/2022 kembali menyelenggarakan agenda Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara online, dalam rangka memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Penyelenggaraan PPDB tahun ini mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1 Tahun 2021. Ada 4 (empat) jalur pendaftaran, yaitu jalur Zonasi, jalur Afirmasi, jalur Perpindahan Orang Tua dan jalur Prestasi. Khusus jalur afirmasi, selain mengakomodir siswa dari keluarga miskin juga memberikan kuota khusus bagi anak tenaga kesehatan yang menangani Coronavirus Disease (Covid-19) secara langsung dan siswa penyandang Disabilitas. Sistem zonasi bertujuan untuk mendekatkan lingkungan sekolah dengan keluarga, menjamin pemerataan akses layanan pendidikan bermutu bagi siswa, menghilangkan eksklusivitas dan diskriminasi di sekolah negeri, membantu analisis perhitungan kebutuhan dan distribusi guru, mendorong kredibilitas pendidik dalam pembelajaran dengan kondisi siswa yang heterogen, serta memberikan bantuan / afirmasi yang lebih tepat sasaran baik sarana maupun prasarana.

Dalam rangka mendukung pelaksanaan PPDB di Kabupaten Blora diterbitkan Peraturan Bupati Blora Nomor 24 Tahun 2020 sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Peraturan Bupati Blora Nomor 5 Tahun 2021, serta Peraturan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora Nomor 420/33 Tahun 2021. Penyusunan PPDB melibatkan pemangku kepentingan pendidikan dari berbagai unsur yang peduli terhadap pendidikan di Kabupaten Blora, antara lain Komisi D DPRD Kabupaten Blora, Dewan Pendidikan Kabupaten Blora, Korwil Bidang Kependidikan se-Kabupaten Blora, MKKS SMP, K3S SD dan bidang teknis pada Dinas Pendidikan Kabupaten Blora.

Akhir kata, kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah membantu dan mendukung terselenggaranya PPDB online tahun ini, khususnya pada dinustekdinustek sebagai penyedia jasa pembuatan sistem online dan udinusUDINUS atas segala fasilitas yang disediakan sehingga PPDB online dapat berjalan tertib dan lancar.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb

Kepala Dinas Pendidikan
Kabupaten Blora

TTD

HENDI PURNOMO, S.STP, MA